Tank Canggih Buatan Pindad yang akan Diproduksi Tahun 2016

Tank Canggih Buatan Pindad yang akan Diproduksi Tahun 2016
Tank Canggih Buatan Pindad yang akan Diproduksi Tahun 2016

Memang masih agak lama, tapi jagad alutsista Indonesia di tahun 2016 digadang bakal dibuat semarak, selain rencana tibanya pesanan heli serbu AH-64E Apache Guardian dan kapal selam Changbogo Class, di tahun tersebut PT Pindad telah menjadwalkan bahwa prototipe medium tank yang dibuat bersama FNSS, perusahaan kontraktor militer asal Turki, akan meluncur untuk melakukan uji coba.

Konsep rancang bangun medium tank yang dibuat di industri strategis di dalam negeri jelas merupakan lompatan jauh ke depan. Hadirnya segmen medium tank yang populer disebut program tank nasional sontak memberi angin pembaharuan dalam lini kesenjataan kavaleri. Bila armada Leopard 2A4 dan Leopard 2A4 Revolution mengisi segmen heavy tank (MBT/Main Battle Tank). Kemudian AMX-13 Retrofit dan Alvis Scorpion 90 mengisi segmen tank ringan (light tank). Maka hadirnya medium tank menjadikan struktur kavaleri lapis baja TNI AD terlihat sempurna.

Sesuai dengan kesepakatan pembuatan medium tank antara PT Pindad dan FNSS yang dilakukan di ajang IDEF 2013 di Turki (Mei 2013). Tank kelas sedang pengembangan dua negara ini akan memiliki berat 24 – 30 ton. Untuk meriam menggunakan kaliber 105 mm dan sasis untuk kavaleri dengan silhouette maximum 2,5 meter.

Medium tank ini pun nantinya tak sebatas disasar untuk digunakan oleh TNI AD, sasis tank dapat dikembangkan untuk kemampuan amfibi, sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan Korps Marinir. Dikutip informasi dari Pussenkav Kodiklat TNI AD, medium tank ini akan diawaki oleh 3 personel dan punya body proteksi terhadap blast mine dan mampu menahan terjangan proyektil kanon kaliber 30 mm (STANAG 4569).


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »