SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H

Setiap tanggal 1 syawal seluruh umat Islam diseluruh dunia selalu merayakan Hari Idul Fithri dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur. Hari Raya Idul Fithri merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses ibadah selama bulan Ramadhon, dimana dalam bulan tersebut kita melakukan ibadah shaum dengan penuh keimanan kepada Allah SWT.

Hari raya Idul Fitri setiap tahunnya dirayakan secara meriah oleh Umat Islam di Indonesia hingga dunia. Berbagai hal yang identik saat Hari Kemenangan dan sudah menjadi tradisi yakni, mudik, suara bedug, kesukacitaan, kue Lebaran, baju baru, dan aneka hidangan masakan khas Hari Raya.

Pengertian Idul Fitri
Idul Fitri tidak hanya dipahami sekedar berbaju baru, makan ketupat, budaya konsumerisme, pameran materi dan kemegahan dunia dsb, karena pemahaman yang demikian hanya menonjolkan unsur lahiriyah tanpa peresapan lebih jauh secara ruhaniyah dan juga akan semakin mempertajam kesenjangan dan sangat bertentangan dengan hakekat Idul Fithri, yaitu menciptakan solidaritas dan semangat kebersamaan serta cinta kasih.


 Ada tiga (3) pengertian tentang idul fitri.
1. Di kalangan ulama ada yang mengartikan idul fitri dengan kembali kepada kesucian. Artinya setelah selama bulan Ramadhan umat Islam melatih diri menyucikan jasmani dan ruhaninya, dan dengan harapan pula dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT, maka memasuki hari lebaran mereka telah menjadi suci lahir dan batin.

2. Ada yang mengartikan idul fitri dengan kembali kepada fitrah atau naluri religius.
Hal ini sesuai dengan Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183, bahwa tujuan puasa adalah agar orang yang melakukannya menjadi orang yang takwa atau meningkat kualitas religiusitasnya.

3. Adapula yang mengartikan idul fitri dengan kembali kepada keadaan dimana umat Islam diperbolehkan lagi makan dan minum di siang hari seperti biasa.

Dari ketiga makna tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam memasuki idul fitri umat Islam diharapkan mencapai kesucian lahir batin dan meningkat kualitas religiusitasnya.

                                                        ---Semoga Bermanfaat---

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »