Bahaya Tidur dengan Lampu yang Masih Hidup


Bahaya Tidur dengan Lampu yang Masih Hidup

Bahaya Tidur dengan Lampu yang Masih Hidup

Bagi sebagian orang, tidur dengan lampu dimatikan adalah mimpi buruk. Rasanya seram dan menyeramkan. Tidur jadi tidak tenang dan tidak nyenyak. Moms, tahukah Anda, sebenarnya tidur dengan lampu menyala juga tidak bagus untuk kesehatan. Paparan cahaya lampu dapat merusak kualitas tidur dan mengganggu kinerja hormon. Selain itu, ada juga beberapa dampak mengerikan yang timbul gara-gara tidur dengan lampu menyala, di antaranya:

1. Obesitas
Para peneliti dari Oxford University mengatakan kalau wanita yang tidur dengan lampu menyala memiliki pinggul yang lebih besar dibanding yang tidur dengan lampu dimatikan. Begitu pula dengan si kecil yang tidur dalam kamar yang terang memiliki pola makan yang tidak sehat dan proses metabolismenya jadi terganggu.

2. Depresi
Saat tidur tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang bermanfaat untuk menimbulkan relaksasi otot dan membantu mengontrol mood. Tidur dengan lampu menyala akan menghambat produksi hormon melatonin sehingga ketika bangun, mood jadi buruk dan Anda rentan mengalami stress.

3. Kanker payudara
Hormon melatonin yang diproduksi tubuh saat tidur juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Karena produksinya terganggu gara-gara Anda tidur dengan lampu menyala, maka pencegahan terhadap tumbuhnya sel kanker payudara juga jadi terhambat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »