SNMPTN dan SBMPTN Universitas Bangka Belitung 2015

SNMPTN dan SBMPTN Universitas Bangka Belitung 2015  


Universitas Bangka Belitung yang telah sukses menggelar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) maupun SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). UBB kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMB Mandiri) yang digelar sejak 29 Juni hingga 31 Juli 2015.

Kepala UPT Kerjasama Humas dan Penerbitan UBB Eddy Jajang j Atmaja, menggungkapkan bagi Peserta yang berkehendak mengikuti PMB Mandiri untuk langsung saja mendaftarkan diri lewat online ke situs http://pmb.ubb.ac.id atau bisa datang langsung ke BAAK UBB di Kampus Terpasu Balunijuk, Bangka. Ia (Eddy Jajang) mengungkapkan bahwa yang dapat mengikuti PBM Mandiri adalah alumni SLTA atau sederajat.

Tahun 2015, UBB telah menyiapkan 13 program studi (prodi) untuk 825 Mahasiswa baru. Porsi 50 % lewat SNMPTN 30% lewat SBPTN dan sisanya PMB Mandiri sebesar 20%. Bagi yang belum di terima di SNMPTN bisa mengikuti PMB Mandiri yang menyisakan kuota 20 % tersebut.
Khusus SNMPTN telah rampung digelar dan sudah diumumkan (9/7/2015). UBB menerima sekitar 464 pelamar, namun kepastian mahasiswa masih harus menunggu registrasi ulang.
Eddy Jajang juga menjelaskan bagaimana cara mendaftar PMB Mandiri secara online. Calon mahasiswa harus datang langsung ke kampus dan menemui bagian BAAK UBB untuk diberikan nomor khusus (password) untuk mengisi data dan selanjutnya data harus di upload ke situs pmb.ubb.ac.id.

Dan untuk pendaftaran secara offline, Eddy Jajang memaparkan bahwa calon Mahasiswa harus datang ke BAAK UBB, petugas akan membantu mengisi formulir PMB Mandiri.
UBB telah menggelar PMB Mandiri sejak Tahun 2006 untuk memberikan peluan bagi Calon Mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN. PMB Mandiri UBB juga menerapkan Tes yang beban soalnya sama dengan SBMPTN.Tes UMB Mandiri akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2015 dan akan diumumkan delapan hari kemudian pada tanggal 14 Agustus 2015.

PMB Mandiri UBB mempunyai perbedaan dengan Universitas lain, Calon mahasiswa tidak diberlakukan perbedaan ruang kelas yang berbeda dan dicampur dengan Mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN. Selain ruang kelas Pembayaran seperti SPP dan lain lainnya tidak ada perbedaan antara Mahasiswa SNMPTN , SBMPTN dan PMB Mandiri.

Lebih jelasnya Eddy menjamin bahwa tidak akan ada pungitan lain selain Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT sediri di UBB ada enam kelompok yang berbeda yakni kelompik I Rp 500.000,- per semester hingga Kelompok VI dapat mencapai 4,2 juta per semester. Bagi anda yang belum lolos menempuh SNMPTN atau SBMPTN, PMB Mandiri merupakan solusinya.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »